Senin, 21 Juli 2014

Peta Mudik Terasa Semakin Udik

Dulu, peta mudik dibagikan seperti ini.

Mendekati masa mudik Lebaran, biasanya ada sebuah media yang selalu hadir: peta mudik. Tahun lalu, peta mudik masih menjadi media yang menarik banyak sponsor. Tapi tahun ini tidak lagi. Apakah peta mudik tidak menarik lagi?

Peta mudik digital didownload dengan gadget
Peta mudik sejatinya tidak hilang. Peta mudik masih diperlukan. Tetapi peta mudik tidak lagi dibagi-bagikan di pintu tol serta tidak dicetak di koran-koran seperti dulu.

Peta mudik telah berubah platform. Dari semula berformat cetak atau kertas menjadi format digital. Peta mudik menjadi aplikasi multimedia yang interaktif, dengan informasi yang senantiasa bisa diperbarui penyedianya.
Dengan format digital, peta mudik bisa didownload di gadget seperti smartphone, tablet maupun notebook dan netbook. Peta digital bisa dibuka dengan berbagai sistem operasi yang ada pada gadget itu, seperti Windows, Blackberry, Android, dan Java.

Kemajuan media digital memang mencengangkan. Sebab media ini mampu mengakomodasi konten  berformat teks, audio, video dan grafis dalam satu perangkat. Dengan teknologi triple play, sebuah smartphone dan tablet saat ini tak ubahnya tiga perangkat yang menyatu: komputer, telepon dan televisi.

Teknologi informasi yang telah mengubah prilaku masyarakat dalam mengonsumsi media. Dalam industri media yang semakin modern, cetakan peta mudik terasa makin udik.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar