Senin, 21 Juli 2014

Company Profile yang Komunikatif



Company profile adalah salah satu alat untuk memperkenalkan perusahaan kepada khalayak atau target audience. Sebagai alat komunikasi, company profile harus dibangun dengan memperhatikan berbagai informasi yang bisa memperlihatkan kekuatan perusahaan secara komprehensif.

Dalam pembuatan company profile, ada empat pesan dasar yang tidak boleh ditinggalkan. Keempat informasi dasar itu adalah:

·   1. Identitas perusahaan
·   2. Apa yang bisa dilakukan perusahaan
·   3. Apa yang sudah dilakukan perusahaan
·   4. Apa yang akan dilakukan perusahaan

Identitas perusahaan menginformasikan nama perusahaan serta visi dan misi perusahaan. Sedangkan apa yang bisa dilakukan perusahaan menginformasikan bidang usaha yang dijalankan.

Apa yang sudah dilakukan perusahaan menginformasikan produk, layanan, inovasi dan pengakuan atau penghargaan yang diterima perusahaan. Adapun apa yang akan dilakukan perusahaan menginformasikan rencana strategis yang sudah dicanangkan.

Setelah pesan ditetapkan, langkah berikutnya adalah membuat konsep kreatif untuk menyampaikan pesan tersebut. Berdasar konsep kreatif tersebut, bisa diketahui apakah pesan bisa diterima dengan mudah oleh target audience atau tidak.

Dengan terus berkembangnya teknologi informasi, company profile harus dibangun agar bisa ditampilkan di semua platform yang ada, baik platform konvensional maupun digital. Pada masa lalu, hampir semua company profile hanya diproduksi dengan platform kertas atau dalam versi cetak. Namun, pada masa sekarang, company versi cetak saja sudah tidak cukup.

Company profile harus juga dibuat dalam beberapa versi lain, seperti versi video dan multimedia interaktif. Versi video untuk melakukan komunikasi satu arah. Sedangkan multimedia interaktif untuk komunikasi dua arah. Misalnya, untuk presentasi.

Secara keseluruhan, company profile sebaiknya mengambil angle ‘’masa depan’’, jangan ‘’masa lalu’’. Sebab, tujuan company profile adalah untuk memperlihatkan kesiapan perusahaan menghadapi persaingan pada masa yang akan mendatang, bukan nostalgia masa lalu.

Untuk memulai produksi company profile, saya menyarankan agar menggunakan perusahaan jasa rumah produksi. Company profile sebaiknya diproduksi secara profesional, karena menyangkut kredibilitas perusahaan Anda.

Selain itu, memproduksi company profile sendiri belum tentu lebih baik hasilnya, belum tentu lebih mudah dipahami audience, belum tentu lebih cepat waktu pengerjaannya dan belum tentu lebih murah biayanya.


Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar