Company profile adalah salah satu alat untuk memperkenalkan perusahaan
kepada khalayak atau target audience. Sebagai alat komunikasi, company profile
harus dibangun dengan memperhatikan berbagai informasi yang bisa memperlihatkan
kekuatan perusahaan secara komprehensif.
Dalam pembuatan company profile, ada empat pesan dasar yang
tidak boleh ditinggalkan. Keempat informasi dasar itu adalah:
· 1. Identitas perusahaan
· 2. Apa yang bisa dilakukan perusahaan
· 3. Apa yang sudah dilakukan perusahaan
· 4. Apa yang akan dilakukan perusahaan
Identitas perusahaan menginformasikan nama perusahaan serta visi
dan misi perusahaan. Sedangkan apa yang bisa dilakukan perusahaan
menginformasikan bidang usaha yang dijalankan.
Apa yang sudah dilakukan perusahaan menginformasikan produk,
layanan, inovasi dan pengakuan atau penghargaan yang diterima perusahaan. Adapun
apa yang akan dilakukan perusahaan menginformasikan rencana strategis yang
sudah dicanangkan.
Setelah pesan ditetapkan, langkah berikutnya adalah membuat konsep
kreatif untuk menyampaikan pesan tersebut. Berdasar konsep kreatif tersebut, bisa
diketahui apakah pesan bisa diterima dengan mudah oleh target audience atau
tidak.
Dengan terus berkembangnya teknologi informasi, company
profile harus dibangun agar bisa ditampilkan di semua platform yang ada, baik
platform konvensional maupun digital. Pada masa lalu, hampir semua company
profile hanya diproduksi dengan platform kertas atau dalam versi cetak. Namun, pada
masa sekarang, company versi cetak saja sudah tidak cukup.
Company profile harus juga dibuat dalam beberapa versi lain,
seperti versi video dan multimedia interaktif. Versi video untuk melakukan
komunikasi satu arah. Sedangkan multimedia interaktif untuk komunikasi dua arah.
Misalnya, untuk presentasi.
Secara keseluruhan, company profile sebaiknya mengambil angle
‘’masa depan’’, jangan ‘’masa lalu’’. Sebab, tujuan company profile adalah
untuk memperlihatkan kesiapan perusahaan menghadapi persaingan pada masa yang
akan mendatang, bukan nostalgia masa lalu.
Untuk memulai produksi company profile, saya menyarankan agar
menggunakan perusahaan jasa rumah produksi. Company profile sebaiknya diproduksi
secara profesional, karena menyangkut kredibilitas perusahaan Anda.
Selain itu, memproduksi company profile sendiri belum tentu
lebih baik hasilnya, belum tentu lebih mudah dipahami audience, belum tentu
lebih cepat waktu pengerjaannya dan belum tentu lebih murah biayanya.
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar